Translate

SISTEM BAHAN BAKAR COMMON RAIL

 Artikel ini mengulas secara sederhana tentang bagaimana desain dan fungsi sistem bahan bakar common rail. Referensi berasal dari multi material yang dihimpun dan diringkas untuk tujuan kemudahan pemahaman, kurang dan lebihnya bisa diakibatkan oleh adanya pendapat pribadi motohoby.

Mesin piston berbahan bakar Diesel (mesin Diesel) makin banyak dijumpai dalam beberapa tahun terakhir ini sebagai dapur pacu kendaraan pribadi/ penumpang. Hal itu salah satunya dikarenakan oleh makin mutakhirnya teknologi mesin yang memungkinkan mesin Diesel memiliki kelebihan mendekati mesin dengan bahan bakar bensin. Salah satu kecanggihan yang menjadikannya mendekati kelebihan engine bensin adalah minimnya kebisingan dan makin kecilnya getaran yang tentu saja mendukung kenyamanan penumpang.

Salah satu penyebab bisingnya suara yang dihasilkan oleh mesin Diesel adalah tekanan pembakaran yang sangat besar akibat tekanan kompresi yang sangat tinggi. Sedangkan getaran yang besar diakibatkan oleh adanya perbedaan tekanan pembakaran di setiap silindernya. Kedua problematika tersebut lazim ditemui pada mesin diesel dengan teknologi bahan bakar konvensional yang sangat mengandalkan tekanan kompresi yang tinggi untuk membakar bahan bakar di dalam ruang bakar. 

Tidak sama ceritanya untuk mesin Diesel dengan sistem bahan bakar modern dengan kontrol elektronik, seperti sistem bahan bakar common rail. Sistem bahan bakar modern ini memungkinkan bahan bakar dapat terbakar bahkan lebih sempurna meskipun dengan tekanan kompresi yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan kompresi pada mesin Diesel konvensional, hal itu dapat terjadi karena:

  1. Kabut/ atomisasi bahan bakar dan oksigen terjadi lebih baik akibat besarnya tekanan bahan bakar yang di injeksikan ke dalam ruang bakar, bahkan didalam salah satu literatur dari pembuat mesin Diesel disebutkan bahwa tekanan bahan bakar dapat mencapai 2500 bar (bandingkan dengan tekanan bahan bakar pada mesin  konvensional yang berkitar sekitar 600 bar). Tekanan bahan bakar yang tinggi ini akan secara otomatis menjadikan butiran bahan bakar semakin halus/ kecil ketika keluar dari ujung nosel injector, wal hasil akan menjadikannya lebih mudah terbakar habis di dalam ruang bakar
  2. Injeksi bahan bakar di dalam ruang bakar terjadi dalam beberapa kali dalam satu periode injeksi (biasanya empat kali dalam satu periode). Hal ini adalah salah satu metode untuk memperoleh kesempurnaan pembakaran di setiap tahap pembakaran di dalam mesin Diesel. Hal ini dimungkinkan karena injector dapat diminta menghentikan/ menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan perintah ECU (electronic control unit). Dengan masukan signal derajat sudut crankshaft dari sensor crankshaft speed, ECU dapat menentukan pada derajat berapakah injeksi pertama hingga ke empat terjadi dalam satu langkah pembakaran (combustion phase).
  3. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan di setiap silinder dapat dikendalikan untuk memperoleh tekanan pembakaran yang relatif sama disetiap silindernya. Hal itu dapat dilakukan berkat adanya software power balance yang terinstall di dalam ECU.   
Pembakaran yang sempurna dan tekanan pembakaran yang rata di semua silinder menjadi kunci dalam mengurangi kebisingan dan getaran yang dihasilkan oleh mesin Diesel. 
Tentu saja teknologi ini tidak akan bekerja sempurna tanpa dukungan kualitas bahan bakar dan kesempurnaan kinerja seluruh komponen mekanikal dan elektronik yang terlibat di dalam sistem bahan bakar  common rail ini. salam (PRO)
https://www.youtube.com/watch?v=-zUxIv6o14o



------------------------------------------------

Artikel terkait:

1. Sistem bahan bakar common rail

2. Teknologi cylinder balancing

3. Teknologi canggih excavator Volvo-1

4. Cara kerja sensor kecepatan

5. Cara kerja sensor tekanan

6. Cara kerja sensor temperatur

------------------------------------------------

πŸ…±πŸ…°πŸ…²πŸ…Ί  πŸ…·πŸ…ΎπŸ…ΌπŸ…΄ πŸ…ΏπŸ…°πŸ…ΆπŸ…΄


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi