Translate

CARA KERJA HOLESHOT DEVICE DEPAN MOTOGP2021

 Artikel ini mengulas sederhana tentang bagaimana perangkat holeshot pada motor motogp 2021 bekerja. Referensi diambil dari beberapa video dari berbagai channel youtube dengan kaca kunci holeshot device, dan semoga analisis tajam motohoby dalam merangkum dan menyimpulkannya dapat membantu Bro-Sis dalam mendapatkan gambaran lebih baik terkait cara kerja teknologi ini.

Holeshot device pada kendaran pacu motogp 2021 ramai diperbincangkan oleh para penggemar salah satu olah raga otomotif ini. Device (perangkat) ini disinyalir menjadi salah satu kunci kemenangan tim-tim yang pada awalnya sempat keteteran mengejar dominasi tim kuat dengan chassis dan engine yang super. Ducati menjadi pelopor penggunaan perangkat tembakan lubang ini untuk shock roda depan, yang terbukti efektif memperbaiki waktu start. Makin baiknya start, maka makin besar peluang menjadi pemimpin di tikungan pertama yang mana ini akan menjadi pemisah dengan rider lain. 

Salah satu cara untuk memperbaiki waktu start adalah dengan cara mencegah roda depan terangkat/ wheely, sehingga rider dapat terus membetot gas hingga maksimal dan mencapai top speed. Besarnya tenaga pacuan motogp sangat memungkinkan untuk menghasilkan wheely ketika start, yang jika itu terjadi, secara reflek seorang rider akan mengendorkan gas nya sehingga kehilangan beberapa mili detik dan merelakan rider lain mendahuluinya. 

Ada beberapa teknologi alternatif  untuk mengebiri potensi wheely ini, baik secara mekanikal atau secara elektronik. Untuk tipe elektronik sepertinya tidak akan dipilih oleh dewan regulasi motogp 2021, karena pada akhirnya hanya tim-tim dengan sokongan dana riset yang besarlah yang akan mampu memilikinya, dan bagi tim dengan dukungan dana yang lebih kecil harus menunda mimpinya bertarung bersama chassis dan engine mutakhir di barisan depan. Nah, untung pada akhirnya teknologi anti wheely mekanikal diperbolehkan untuk digunakan di seri 2021 ini.

Dengan perangkat mekanikal, gejala wheely dapat dikurangi dengan beberapa metode yang diantaranya adalah dengan memperpanjang wheel base atau dengan cara merendahkan center of grafity (COG) pacuan. Jika memperpanjang wheel base akan mengurangi kelincahan kendaraan, maka sudah pasti ini bukan pilihan yang menguntungkan. Sedangkan upaya merendahkan COG tidak mengurangi kelincahan, bahkan akan semakin menambah kestabilan terutama ketika posisi chassis kendaraan sedang berbelok tajam. Merendahkan COG dapat dilakukan dengan cara merendahkan ground clearance (GC) pacuan, yang dalam hal ini adalah fungsi dari holeshot device ini. 

Sebagaimana namanya, holeshot device bekerja dengan cara menembakkan pin ke dalam lubang (tepatnya lubang dengan lingkaran terbuka), sehingga lubang terkunci oleh pin tersebut. Mekanismenya yang cerdas menjadikan perangkat ini akan release/ lepas dengan sendirinya ketika lubang menjauhi pin pengunci. 

Holeshot device pada motorcross (sumber youtube)

Artinya, untuk mengaktifkan perangkat ini, seorang rider harus menarik/ mendorong tuas/ knob pengunci secara manual-dengan tangan/ kaki/ anggota badan lain, tapi untuk melepaskannya tidak perlu dengan menarik/ mendorong tuas/ knob pelepas. Jadi akan ada dua buah tuas/ knob jika sebuah kendaraan terpasang holeshot device di kedua rodanya, satu untuk depan dan satunya lagi untuk roda belakang. 

 Holeshot device ini dipasang pada shock roda depan atau pada bagian mekanisme suspensi roda belakang, bahkan beberapa tim peserta motogp 2021 telah menerapkan untuk roda depan dan roda belakang sekaligus. Holeshot device ini secara resmi diberi nama oleh motogp sebagai RHA (Ride Heigh Adjuster)-device, atau perangkat pengatur/ penyetel tinggi pengendaraan, yang pada kenyataanya setiap tim memiliki desain berbeda satu sama lain namun tetap memiliki fungsi dan tujuan yang mirip, sehingga dapat dimungkinkan setiap tim memiliki versi dan generasi yang juga berbeda-beda. Menariknya adalah bahwa ternyata RHA untuk roda depan tidak efektif memperbaiki catatan waktu di setiap lap nya apabila diaktifkan selama balapan, namun hasil positif dihasilkan oleh RHA roda belakang ketika dioperasikan secara tepat waktu ketika balapan

Salah satu desain RHA motogp 2021


Nah..semoga ulasan ini cukup memotifasi Bro-Sis untuk menggali info terkait RHA ini lebih lengkap dari sumber -sumber terpercaya lainnya. 
salam (PRO

-----------------------------------------------------
Lihat video referensi di link ini ya 

  1.  TAMER FRONT HOLESHOT HOOKUP STARTING DEVICE INSTALL VIDEO
  2.  Tested: ProTaper SELA Holeshot Device
  3.  Holeshot / Start Device Aprilia RSGP MotoGP

--------------------------------




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi