Translate

Teknologi GPS alat berat

 Artikel ini mengulas tentang teknologi global positioning system yang terpasang pada alat berat. Memiliki pengetahuan dasar ini akan membantu Bro-Sis dalam menemukan informasi lebih lanjut dan menjelaskan lebih baik terkait teknologi sistem pemantau posisi ini. Referensi berasal dari pengalaman motohoby bersama beberapa teknologi sistem pemantau kondisi alat berat di beberapa merek alat berat yang pernah ditangani.

Teknologi GPS akan memberikan informasi lokasi, dan beberapa status lain kepada user alat berat. Dengan teknologi internet, user alat berat dapat mendapatakna informasi-informasi tersebut dari jarak yang tak tidak terbatas sejauh terdapat signal komunikasi internet antara alat berat dan perangkat user alat berat. Dalam perkembangannya, informasi yang disajikan oleh "GPS" ini tidak sekedar informasi lokasi, bahkan informasi mengenai jumlah bahan bakar yang dikonsumsi pun bisa disajikan bersama informasi-informasi dasar tadi. 

Boleh dibilang, GPS ini hanya salah satu feature didalam teknologi yang lebih advance yang disebut sebagai Telematic Monitoring System. Setiap produsen alat  berat memiliki nama dan kelengkapan yang berbeda-beda.

Secara garis besar, GPS pada alat berat adalah sebuah perangkat tambahan yang dipasangkan didalam alat berat. Untuk dapat bekerja, GPS membutuhkan jaringan komunikasi satelit atau jaringan telepon seluler, atau dalam versi yang lebih mahal menggunakan dua sistem jaringan komunikasi tersebut sekaligus. Yang artinya, untuk tetap dapat bekerja tentu saja memutuhkan biaya (paket biaya jaringan komunikasi/ paket data internet/ paket biaya satelit ) yang harus dibayar per satuan waktu (per bulan/ per tahun). Sehingga, jika masa berlaku paket biaya jaringan komunikasi/ paket data internet/ paket biaya satelit telah habis, maka informasi dari teknologi GPS tidak lagi bisa diterima oleh usernya.

Teknologi GPS pada alat berat ini ada yang sudah merupakan paket dari pabrik pembuat alat berat, tapi ada juga yang merupakan perangkat dari vendor/ perusahaan diluar pembuat alat berat. GPS yang dibuat oleh pembuat alat berat secara desain dan kinerja sudah tentu memiliki feature yang lebih handal jika dibandingkan dengan GPS yang diperoleh dari perusahaan selain pabrik pembuat alat berat sendiri. Hal itu terjadi karena GPS ini terkoneksi bersama Control Unit lain di dalam alat berat, tentu dengan protokol komunikasi elektronik yang sudah terintegrasi dalam satu paket instalasi software dari pabrik.

Manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi GPS ini didalam alat berat bagi pemiliknya yaitu, akan meningkatkan keamanan alat berat. Pemilik alat berat memiliki alternatif yang valis terkait lokasi dimana alat beratnya berada selama 24jam/7hari real time. Pemilik akan mengetahui apakah alat berat miliknya masih berada dilokasi kerja yang ditentukan ataukah alat berat berada dalam situasi tidak aman (bekerja atau bergerak keluar lokasi kerja tanpa ijin. Pemilik alat berat bahkan akan mendapatkan notifikasi di perangkatnya apabila situasi-situasi tidak aman terjadi pada alat beratnya, sehingga dapat merencanakan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan tidak aman bagi alat berat tersebut. Nah, semoga informasi dasar tentang teknologi GPS ini membantu, semoga beruntung, salam (PRO)

Skema cara kerja teknologi GPS alat berat




 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi